BAB
8
SURAT ELEKTRONIK
E-mail merupakan
surat elektronik yang dapat dikirim dalam waktu
beberapa detik saja meski ke luar negeri sekalipun. Pernahkah kamu
mengirim surat dalam bentuk e-mail?
Betulkah e-mail lebih murah dan lebih
cepat sampai ke tempat tujuan
dibandingkan surat biasa. Bagaimanakah cara membuat alamat e-mail? Sudahkah kamu memiliki
alamat e-mail?

Surat elektronik
atau e-mail merupakan salah satu layanan di internet
yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai surat elektronik.
Melalui e-mail ini para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim
pesan, berita
atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan
kertas. Dapat pula kamu menerima berita secara rutin dari grup diskusi
atau mailing list yang sebelumnya kamu telah mendaftar. Supaya kamu
dapat memiliki
alamat e-mail, maka kamu harus menghubungi penyedia layanan e-mail di internet.
Untuk dapat mengirim
dan menerima e-mail, kamu harus memiliki
alamat e-mail atau e-mail address terlebih dahulu. E-mail yang dapat
kamu gunakan ada dua macam, yaitu:
1. e-mail berbasis
web, merupakan
e-mail yang pada saat mengirim atau menerima
pesan harus melalui sebuah situs web yang biasa disebut
web mail.
E-mail ini bersifat gratis dan menuntut untuk senantiasa
terhubung dengan internet
pada saat menggunakannya. Beberapa situs web yang
menyediakan fasilitas e-mail gratis, antara
lain www.yahoo.com, www.hotmail.com, www.plasa.com, www.lycos. com, dan lain-lain.
2. e-mail berbasis
client, e-mail yang membutuhkan perangkat lunak khusus untuk mengelolanya,
seperti perangkat lunak Microsoft Outlook. Perangkat lunak ini menyediakan berbagai keperluan untuk menulis
dan menyunting e-mail, sehingga dalam menggunakannya
kita tidak perlu terhubung dengan
internet, kecuali pada saat menerima
dan mengirim e-mail saja.
Sebuah alamat e-mail secara umum terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama
disebut mailbox atau kotak surat dan bagian kedua disebut
mailserver atau komputer
tempat kotak surat itu berada. Penulisan alamat
e-mail secara umum, pola dasarnya adalah user_id@domain. Berikut ini beberapa
contoh penulisan alamat e-mail, anakpintar@telkom.net, rina-

Untuk memiliki alamat e-mail, kamu harus memperhatikan ke- mampuan
layanan server e-mail, apakah memberi layanan e-mail 24 jam atau dalam
jangka waktu tertentu, agar tidak akan menyulitkan kamu
dalam mengakses
internet. Jika pemakai
adalah orang yang sering be- pergian jauh, maka ia membutuhkan layanan e-mail yang dapat diakses
kapan dan di mana saja.
Bagi pemakai yang banyak berkirim
atau menerima e-mail ataupun file-file
dalam ukuran besar, maka ia mem- butuhkan ukuran mailbox yang
cukup besar.
Supaya kamu dapat memiliki alamat e-mail, kamu harus meng- hubungi
situs penyedia layanan e-mail, baik gratis maupun bayar. Pada
contoh ini, kamu akan membuat
e-mail di plasa.com. yang menyediakan
e-mail gratis. Langkah-langkah untuk membuat
alamat e-mail di Plasa.Com
adalah sebagai berikut.
1. Aktifkan
Internet Explorer, ketik www.plasa.com pada Address bar, lalu tekan Enter. Selanjutnya akan tampil halaman
web plasa.com seperti gambar 8.1. Selanjutnya perhatikan kotak Plasa Mail, di
dalamnya terdapat kotak isian user ID dan password bagi pengunjung
yang sudah memiliki alamat e-mail di plasa.com. Sementara
itu, bagi yang ingin membuat alamat e-mail baru, klik tulisan daftar
yang ada di bawah kotak isian Plasa Mail.

Gambar 8.1
Halaman depan plasa.com
2. Selanjutnya, muncul tampilan formulir pendaftaran, mulailah meng-
isi formulir pendaftaran yang disediakan oleh plasa.com sesuai dengan
biodata kamu.

Gambar 8.2 Formulir
pendaftaran plasa.com
3. Penulisan User ID dapat
menggunakan huruf (a − z), angka (0 − 9), dan tanda (garis bawah, minus, dan titik). Selain itu, tidak
dapat digunakan. Perhatikan gambar 8.3, User ID diisi dengan ujang_s.
Membuat password harus
yang mudah diingat,
tetapi sulit ditebak oleh orang lain. Jika password yang dibuat diketahui oleh orang lain,
maka orang tersebut
dapat membaca surat-surat yang kamu terima.

Gambar 8.3 Formulir
pendaftaran lanjutan
4. Setelah kamu selesai mengisi data diri, pada bagian terakhir
lembar pendaftaran kemudian
pilih pertanyaan, kemudian isi jawaban yang dapat mengingatkan jika suatu saat kamu lupa password-nya.
5. Setelah
selesai mengisi formulir pendaftaran, klik tombol Daftarkan.
Apabila User ID yang
kamu buat telah dimiliki orang lain, maka akan tampil informasi seperti gambar 8.4 bahwa User tersebut telah ada sehingga
kamu harus mengetikkan user ID baru.

Gambar 8.4 Tampilan jika terjadi error
6. Kemudian
User ID harus diganti dengan yang lain, perhatikan gambar
8.5 User ID ujang_s telah
diganti dengan u_sigarantang.

Gambar 8.5 Penggantian User ID
7. Setelah
User ID diganti dengan yang baru, lakukan langkah yang sama dengan langkah nomor 5, yaitu klik tombol Daftarkan. Jika pendaftaran berhasil maka akan tampil halaman web seperti gambar
8.6, selanjutnya tekan tombol Klik
Disini Untuk Login.

Gambar 8.6 Halaman
jika berhasil mendaftar

Setelah kamu menekan
tombol Klik Disini Untuk Login, berikut akan tampil halaman
untuk Login seperti
pada gambar 8.7. Untuk membuka e-mail yang sudah kamu buat, ikuti langkah-langkah berikut
ini.

Gambar 8.7 Halaman
untuk Login
1. Masukkan User
ID dan Password, lalu klik Login
atau tekan Enter sampai muncul halaman pertama
seperti pada gambar 8.8. Pada halaman ini, terdapat beberapa link pilihan untuk langkah berikut-
nya.
• Kotak Surat, dipilih untuk melihat daftar e-mail yang masuk lalu membaca isinya.
• Tulis Surat, dipilih untuk menulis e-mail lalu mengirimkannya
• Folder, dipilih
untuk melihat daftar
e-mail yang masuk
dan keluar.
• Ubah Password, dipilih untuk mengganti password.
• Bantuan, dipilih untuk membaca beberapa penjelasan mengenai
e-mail di plasa.com.

Gambar 8.8 Halaman
pertama e-mail
2. Untuk membaca
e-mail maka kita pilih Kotak
Surat, selanjutnya akan muncul tampilan
daftar e-mail masuk seperti pada gambar 8.9. Untuk membaca
isi surat, klik si pengirim e-mail pada kolom From,
pada gambar 8.9 pengirim pertama e-mail adalah Webmaster Plasa.
Com.

Gambar 8.9 Daftar e-mail masuk

Gambar 8.10 Tampilan
isi e-mail
3. Untuk menutup
e-mail kamu dapat meng-klik tombol
LOGOUT di sebelah kiri atau tekan tombol Close pada jendela Internet Explorer.

Pada saat akan mengirim e-mail, sebaiknya tulisan dalam e-mail tidak menggunakan huruf kapital, karena huruf kapital menggambarkan
kondisi sedang marah.
Isi e-mail jangan
sampai terlalu panjang,
tidak perlu basa-basi, seperti dalam tulisan surat biasa. Hal ini dimaksudkan
dalam rangka menghemat. Pastikan sebelum menulis e-mail, kamu sudah memiliki alamat
e-mail yang dimaksud. Untuk mengirim surat pada e- mail
Plasa.Com langkahnya adalah
berikut ini.
1. Aktifkan Internet Explorer, ketik www.plasa.com pada Address bar, lalu tekan Enter. Selanjutnya akan tampil halaman web Plasa.Com,
ketikkan User ID dan passwordnya pada kotak Plasa Mail, lalu tekan
Enter atau klik tombol Login. Selanjutnya akan ditampilkan halaman
pertama e-mailmu seperti pada gambar 8.11.

Gambar 8.11 Halaman pertama e-mail
2. Untuk menulis surat klik link Tulis
Surat, akan tampil halaman
untuk menulis surat seperti pada gambar 8.12. Ketiklah alamat e-mail
yang akan kamu tuju pada kotak isian To dan topik surat pada kotak isian Subject. Kamu dapat menggunakan fasilitas CC (Carbon copy) untuk mengirim ke alamat lain. BCC (Blind
Carbon-copy) untuk memberitahukan kepada penerima berita asli bahwa copy berita juga
dikirimkan kepada orang lain

Gambar 8.12 Menulis alamat
e-mail
3. Kemudian ketikkan isi surat pada kotak yang telah disediakan,
perhatikan etika dan aturan menulis e-mail. Setelah selesai menulis
e-mail, klik tombol Kirim untuk mengirim e-mail ke alamat yang dimaksud.

Gambar 8.13 Menulis isi e-mail

Setelah membaca
e-mail yang masuk, biasanya kita dapat menerus-
kan, atau membalas e-mail tersebut. Membalas e-mail,
maksudnya mengirim balasan kepada
orang yang mengirim e-mail kepada kita. Meneruskan e-mail, maksudnya mengirimkan e-mail yang kita terima
ke alamat lain. Untuk dapat meneruskan, klik tombol Teruskan, ketik alamat e-mail yang dituju, lalu klik tombol Kirim untuk mengirim surat.
Untuk membalas
e-mail, kamu dapat langsung membalasnya dengan
cara mengklik tombol
Balas. kamu tidak perlu
mengetikkan alamat e- mail karena secara otomatis kotak To akan terisi oleh alamat e-mail yang ingin kamu balas. Kemudian
ketikkan isi surat balasan, setelah
selesai klik tombol Kirim. Sebagai contoh setelah kamu berhasil membuat alamat
e-mail, webmaster tempat kita membuat e-mail akan otomatis mengirim
surat pertama yang berisi tentang ucapan selamat datang, peraturan
menjadi pengguna e-mail,
dan lain-lain. Begitu pun di Plasa.Com, web- masternya akan mengirim e-mail
pertama ke alamat e-mail kita. Per- hatikan gambar 8.14 setelah tombol balas diklik secara otomatis alamat
pengirim e-mail masuk ke kotak To,
begitu pun dengan Subject-nya,
gambar 8.15 merupakan tulisan balasannya.

Gambar 8.14 Membalas
e-mail

Gambar 8.15 Menulis
e-mail balasan

Kamu dapat menyertakan lampiran melalui fasilitas Attachment atau sisipan,
berupa file pada saat mengirim e-mail. File yang dapat dilampirkan
seperti file pengolah kata, pengolah angka, gambar, dan lain-lain. Untuk
menambahkan lampiran
pada e-mail, ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Sebelum
menulis e-mail, siapkan terlebih dahulu file-file yang akan digunakan
sebagai lampiran. Tulis isi surat, lalu klik tombol Lampir-
kan File, selanjutnya ditampilkan halaman untuk memasukkan lampiran-lampiran seperti gambar 8.16.

Gambar 8.16 Kotak sisipan
untuk lampiran
2. Klik tombol Browse untuk mencari
file yang akan disertakan, kemu- dian akan ditampilkan kotak dialog Choose file seperti gambar 8.17.
3. Klik file yang dimaksud, selanjutnya klik tombol
Open. Perhatikan gambar 8.18,
file lampiran sudah
masuk di kotak
sisipan pertama.
4. Jika file yang ingin dilampirkan lebih dari satu, maka dapat kamu
lakukan dengan langkah yang sama. Selanjutnya e-mail siap untuk
dikirim dengan
mengklik tombol Kirim.

Gambar 8.17 Kotak dialog Choose file

Gambar 8.18 File lampiran sudah masuk

Komunikasi menggunakan e-mail tentu memberikan beberapa
keuntungan, antara lain sebagai berikut.
1. Lebih cepat pengirimannya dibandingkan surat yang biasa dilakukan
selama ini.
2. Kerahasiaan terjamin karena kamu memiliki kotak pos dari alamat
yang sudah di-password.
3. Waktu
dan tempat mengirim dan membaca e-mail fleksibel dapat dilakukan kapan
dan di mana saja selama
bisa terhubung dengan internet.
4. Dapat menyimpan
dengan baik setiap informasi atau file yang dianggap
penting.
5. Dapat mengirim
surat ke beberapa
alamat dalam satu kali kirim
Di samping
banyak keuntungan yang didapatkan, ada beberapa
kerugian menggunakan e-mail, antara lain sebagai berikut.
1. Kesalahan penulisan
alamat dapat mengakibatkan e-mail tidak sampai
ke tujuan, sehingga kita dituntut untuk teliti dalam menulis-
kan alamat e-mail
yang dituju.
2. E-mail dapat hilang jika penyedia
layanan internet terpaksa
menghilangkan atau menolak sejumlah e-mail karena kotak pos sudah penuh.
3. Pada saat lalu lintas jaringan internet
padat, dapat pula meng-
akibatkan e-mail gagal terkirim
4. Komunikasi
dapat terhambat jika terlambat membuka e-mail,
sehingga dibutuhkan kedisiplinan dalam membuka e-mail.
5. Harus senantiasa menggunakan perangkat teknologi tertentu untuk
mengakses internet, jika berada di tempat yang belum tersedia fasilitas
tersebut, maka kita tidak dapat mengirim dan membuka e-mail

1. E-mail atau electronic
mail dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai
surat elektronik. Untuk membuat alamat e-mail kita harus men- daftarkan diri ke situs web yang menyediakan e-mail gratis, seperti
www.yahoo.com, www.mailcity.com, www.plasa.com, www. hotmail.com, dan lain-lain.
2. E-mail yang dapat kamu gunakan ada dua macam, yaitu e-mail berbasis web dan e-mail berbasis client.
3. E-mail
berbasis web merupakan e-mail yang pada saat mengirim atau menerima
pesan harus melalui sebuah situs web yang biasa disebut
web mail.
E-mail ini bersifat gratis, siapapun dapat mendaftar.
4. E-mail
berbasis client membutuhkan perangkat lunak khusus untuk
mengelolanya, seperti
perangkat lunak Microsoft Outlook. Perangkat
lunak ini menyediakan berbagai
keperluan untuk menulis dan menyunting
e-mail, sehingga dalam menggunakan e-mail ini kita tidak perlu terhubung
dengan internet, kecuali pada saat menerima
dan mengirim e-mail saja
5. Dengan
fasilitas Attachment, kita dapat menyertakan lampiran, baik berupa file pengolah kata, pengolah angka, maupun gambar ketika
mengirim e-mail.

1. Sebaiknya
tidak menggunakan huruf kapital semuanya ketika kita
menulis e-mail,
karena terkesan kita marah.
2. Selalu mengingat
nama e-mail dan passwordnya agar mudah jika kita akan membukanya.
3. Tidak menggunakan e-mail untuk menyebar informasi, gambar, atau fitnah
yang sifatnya tidak baik.

I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban
yang paling benar!
1. Mailbox
dalam surat biasa dapat diartikan sebagai …. a. kantor pos
b. kotak pesan
c. kotak surat d. surat kilat
2. Berikut
ini situs web yang menyediakan fasilitas e-mail gratis adalah
….
a. TelkomNet
b. Altavista.com
c. Plasa.Com
d. Hotmail.Com
3. Untuk membuka e-mail setelah kita memasukkan
user ID dan password
dapat kita tekan tombol ….
a. Esc
b. Enter
c. Backspace
d. Tab
4. Dalam keadaan
normal e-mail yang kita kirim akan sampai di tujuan
dalam hitungan ….
a. hari
b. jam
c. menit
d. detik
5. Tombol pertama yang harus diklik jika kita ingin mengirim
e-mail di yahoo adalah ….
a. compose
b. to
c. e-mail
d. sign in
6. Istilah
lain yang digunakan untuk e-mail adalah …. a. faksmile
b. surat elektronik
c. pesan elektronik
d. surat komunikasi
7. Kita dapat menerima
berita secara rutin dari grup diskusi yang sering
disebut juga ….
a. buletin
b. chatting
c. e-mail
d. mailing
list
8. Untuk mengirim
surat setelah surat selesai diketik selanjutnya klik tombol ….
a. send
b. compose
c. e-mail
d. sign in
9. Jika kita ingin membalas
surat yang masuk, untuk memudahkan klik tombol ….
a. inbox
b. outbox
c. forward
d. reply
10. Fasilitas untuk menyertakan lampiran bersama dengan e-mail yang kita kirim
disebut ….
a. reply
b. history
c. file attachment
d. favorites
II. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Sebutkan
beberapa web di Indonesia yang menyediakan fasilitas
e-mail gratis!
2. Jelaskan
bagaimana cara membuat alamat e-mail di plasa.com!
3. Jelaskan
pengertian e-mail?
4. Tuliskan
tiga contoh penulisan alamat e-mail !
5. Mengapa
kita harus memasukkan password ketika membuat e-mail?
6. Ada berapakah
jenis e-mail? Jelaskan!
7. Sebutkan
lima situs web yang menyediakan fasilitas e-mail gratis!
8. Jelaskan
kegunaan fasilitas Attachment atau sisipan?
9. Mengapa
kita tidak boleh menulis dengan huruf kapital ketika akan
mengirim e-mail?
10. Sebutkan keuntungan dan kerugian berkomunikasi dengan e-mail!
PRAKTIK 8.1 Membuat alamat
e-mail dan mengirim
e-mail
1. Kunjungilah situs Web Plasa.Com.
2. Mulailah
membuat alamat e-mail sendiri berdasarkan contoh di atas.
3. Isilah
biodata dengan benar, ketik user ID dan password yang mudah
diingat.
4. Jika sudah selesai,
coba buka e-mailmu.
5. Tuliskan judul surat dan alamat e-mail yang dituju.
6. Ketikkan isi e-mail untuk
temanmu lalu kirim.
PRAKTIK 8.3 Membaca
e-mail yang
masuk dan membalasnya
1. Buka e-mail yang sudah kamu buat, cek dan buka e-mail yang kamu terima.
2. Bacalah
e-mail yang kamu terima lalu cetak pada kertas.
3. Klik tombol balas atau Reply untuk membalas
e-mail tersebut.
4. Ketikkan isi balasannya, lalu kirim.
PRAKTIK 8.4 Mengirim e-mail
dan lampiran
1. Siapkan
file yang akan disertakan dikirim melalui e-mail.
2. Buka kembali
e-mail yang sudah kamu buat.
3. Tulislah alamat
e-mail yag dituju,
judul, dan isi surat.
4. Setelah itu, masukkan file yang akan disertakan pada kotak isian
Sisipan.
5. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail.

Tugas 8.1
1. Kunjungilah
situs Web yang menyediakan e-mail gratis selain plasa.com!
2. Pelajari
prosedur membuat e-mail pada situs Web tersebut!
3. Buatlah
e-mail berdasarkan petunjuk yang diberikan!
4. Catat dan ingatlah
alamat e-mailmu serta password-nya, juga catat alamat e-mail teman-teman satu kelas
Tugas 8.2
1. Buka kembali
e-mailmu lalu buat surat untuk salah satu temanmu,
lalu minta untuk membalasnya
2. Bukalah
e-mailmu dan baca surat balasan dari temanmu
3. Teruskan e-mail yang kamu terima ke salah satu temanmu
4. Serta balas kembali
e-mail yang kamu terima
Tugas 8.3
1. Tulis e-mail untuk temanmu
disertai dengan file lampiran
2. Minta temanmu
untuk membuka e-mail serta lampirannya
3. Setelah dibalas buka e-mailmu
lalu baca e-mailnya berikut file lampiran
4. Cetak lampiran berupa file lampiran pada media kertas

Pada bab ini, kamu
telah mempelajari tentang surat elektronik. Lalu manfaat apa yang kamu rasakan
untuk kehidupan sehari-harimu? Jika kamu telah mampu merasakannya, maka bersiaplah untuk mempelajari
tentang internet
dalam kehidupan sehari-hari pada bab berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar